Saturday, June 26, 2010

Korea Utara


Hai, kawan-kawan, nah mulai dari posting ini saya akan menyediakan bendera dan lambang negara yang dipostingkan. Sekarang kita akan membahas tentang sebuah negara yang bernama Korea Utara. Republik Demokratik Rakyat Korea atau yang lebih kita kenal dengan Korea Utara adalah sebuah negara yang beribukota di Pyongyang. Sistem negara ini adalah Republik Komunis/Juche. Presiden negara ini adalah Alm. Kim Il Sung. Kok orang mati bisa jadi presiden? Penyebabnya adalah konstitusi negara ini adalah menetapkan Kim Il Sung sebagai Presiden Abadi dari tahun 1972-hari kiamat! Sedangkan Perdana Menterinya adalah Choe Yong-Rim. Sedangkan anaknya Kim Il Sung, Kim Jong Il adalah Ketua Presidium Majelis Korea Utara(Jabatan asli made in Korea Utara lho). Tetapi,orang yang asli memerintah adalah Kim Jong Il bukan perdana menterinya. Partai di negara ini hanya satu, yaitu Barisan Demokratik Untuk Reunifikasi Tanah Air yang merupakan gabungan 3 partai yaitu Partai Pekerja Korea, Partai Demokratik Sosial Korea, dan Partai Chongu Chondois. Rata-rata/per kapita penghasilan negara ini adalah US$ 1.700 yang berarti Korea Utara adalah salah satu negara miskin di dunia. Negara ini adalah salah satu negara komunis di dunia zaman sekarang selain Republik Rakyat China dan Kuba. Tanggal merdekanya negara ini adalah 9 September 1948.

Sejarah negara ini senasib dengan Korea Selatan hingga terjadinya Perang Korea yang disebabkan karena Korea Selatan dan Korea Utara ingin bersatu dengan sistem masing-masing. Amerika Serikat dan Uni Soviet mulai menjadi 'tukang ikut campur' di perang ini. Akibatnya adalah Korea Utara dibantu Uni Soviet melawan Korea Selatan yang dibantu Amerika Serikat. Hasil dari perang ini adalah pembagian Semenanjung Korea berdasarkan batas garis khayal 38° LU bumi. Negara ini pun setelah merdeka perekonomiannya masih didukung Uni Soviet. Saat Uni Soviet hancur pada 1991, Korea Utara pun perekonomiannya goyah dan terjadilah kelaparan dahsyat di Korea Utara atau Musim Paceklik Korea Utara. Hingga Sekarang 60% anak-anak di Korea Utara mengalami kurang gizi sedangkan 16 % lainnya mengalami kurang gizi akut! Sungguh memprihatinkan Korea Utara yang kelaparan dibandingkan saudaranya, Korea Selatan yang makmur banget atau istilah Sundanya Gemah Ripah Loh Jinawi. Masalah di negara ini belum berhenti di situ. Kim Jong-Il ingin mengirim rudal ke wilayah negara lain yang mengundang protes keras dari PBB. Selain itu juga seluruh media Korea Utara juga isinnya membosankan yaitu pemujaan kepada Kim Il Sung dan anaknya. Di negara ini juga penduduk harus memakai pakaian yang ditetapkan pemerintah! Gak bebas kayak kita. Bahkan para pencela Korea Utara menuduh sekolah-sekolah Korea Utara mempertuhankan Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il! Sungguh tragis. Tetapi, di Korea Utara pendidikan dan kesehatan gratis!

Kepercayaan di negara ini mayoritas penduduknya yaitu 64,31% adalah tidak beragama alias Atheis. Yang tidak beragama ini kebanyakan adalah penghayat filsafat Juche ciptaan Kim Il-Sung. Agama Shamanisme Korea mendapat pengikut 16 %. Cheondoisme yang mendapat pengikut 13,5%. Agama Buddha mendapat pengikut 4,5 % penduduk. Sedangkan agama Kristen mendapat 1,69% Penduduk. Itulah kisah dari Korea Utara. Sampai ketemu ya di posting berikutnya ya.

Sedikit mengutip dari:
http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment