Wednesday, June 16, 2010

Afrika Selatan

Hai, kawan-kawan nah dalam rangka menyambut Piala Dunia 2010, kita akan membahas tuan rumah pesta ini, Afrika Selatan.

Afrika Selatan ini adalah negara yang punya 3 ibukota negara! Ibukota-ibukotanya adalah Cape Town untuk departemen negara yang ngebuat undang-undang, Pretoria untuk lembaga eksekutif(kayak presiden, wapres, dan menteri-menteri, bukan kereta eksekutif ya) dan departemen negara bidang ekonomi, dan Bloemfontein untuk departemen negara di bidang hukum kehakiman. Presiden negara ini addalah Jacob Zuma. Negara ini merdeka pada tanggal 31 Mei 1961. Nama asli negara ini adalah Republic of South Africa(Republik Afrika Selatan). Negara ini adalah salah satu negara terkaya di benua Afrika. Tetangga negara ini adalah Namibia, Bostwana, dan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut, dan Lesotho yang ada di tengah pedalaman negara ini.

Sejarah negara ini dimulai ketika penjajah Belanda datang ke negara ini pada 1652, dan mulai menjajah orang pribumi negara ini. Inggris, yang tahu bahwa negara ini kaya dengan sumber daya alam, mulai berminat menjajah negara ini juga dan terjadilah Perang Britania-Belanda dan Perang Boer yang bertujuan untuk memperebutkan wilayah negara ini. Akhirnya, pada 1910, terbentuklah calon negara ini, Kesatuan Afrika Selatan. Pada 1931, Inggris pun menjadi penjajah negeri ini. Tapi, Inggris harus bagi-bagi kekuasaan kepada Afrikaner, penduduk Belanda yang sudah lama tinggal di wilayah ini. Dan akhirnya, tahun 1961, diadakanlah pemilu khusus bule yang dilaksanakan di Afrika Selatan. Partai Nasional Afrika Selatan, partainya orang Afrikaner berhasil memenangkan pemilu ini dan terbentuklah Republik Afrika Selatan. Presiden pertama republik ini adalah seorang bule, Charles Robberts Swart. Tetapi, republik ini menerapkan sistem apartheid yang menindas orang negro sebab sistem ini adalah sistem pembeda-bedaan fasilitas antara orang bule dan negro. Ya kayak segregasi di Amerika Serikat tahun 1960-an. Sistem ini sangat merugikan sebab orang Afrikaner yang bule sangat dinomorsatukan sedangkan orang negro yang merupakan mayoritas penduduk ditindas dan tidak punya hak seperti orang Afrikaner. Seluruh dunia pun membenci Afrika Selatan karena hal ini. Afrika Selatan saat itu pun suka mengembangkan senjata nuklir yang sangat berbahaya! Apartheid mulai berakhir ketika presiden Afrika Selatan saat itu, F.W de Klerk membebaskan tokoh anti-apartheid yang dipenjara selama 27 tahun, Nelson Mandela. Nah, karena Nelson Mandela bebas, Nelson Mandela pun mulai menjadi-jadi dalam hal anti-apartheid hingga 10 Mei 1994, Nelson Mandela pun menjadi presiden negro Afrika Selatan pertama dan menghapuskan Apartheid. Karena penghapusan Apartheid, penindasan terhadap orang negro pun dihentikan. Tetapi, kemiskinan orang negro tetap tinggi.

Afrika Selatan punya 4 gerakan separatis yaitu, Transkei, Ciskei, Venda, dan Bophuthaswana. Nah dulu negara Namibia juga gerakan separatis di Afrika Selatan tetapi udah merdaka pada 1990-an. Afrika Selatan sekarang adalah salah satu negara termaju di dunia. Malah bursa saham di Johannesburg pun pernah menjadi peringkat ke-10 dari peringkat bursa saham teraktif di dunia. Nah, karena kemajuan negara ini, maka FIFA pun memilih negara ini sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010 saat voting pemilihan tuan rumah. Afrika Selatan berhasil mendapat 14 suara pengurus FIFA mengalahkan kandidat tuan rumah yang lain, Maroko dan Mesir dan menjadikan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA pertama yang dilaksanakan di benua Afrika. Itulah cerita dari negara Afrika Selatan. Sampai ketemu ya di posting berikutnya.

Sedikit mengutip dari:

Afrika Selatan – Wikipedia bahasa Indonesia

Piala Dunia FIFA 2010 – Wikipedia Bahasa Indonesia

No comments:

Post a Comment