Sunday, June 13, 2010

Korea Selatan

Hai, kawan-kawan nah sekarang kita kan membahas salah satu Negara di dunia yaitu Korea Selatan. Posting ini saya tujukan kepada seorang teman saya yang mencintai Korea Selatan.

Republik Korea, atau lebih terkenal dengan sebutan Korea Selatan adalah sebuah negara yang beribukota di Seoul yang pendapatan negaranya kira-kira US$ 19.504. Presiden negara ini adalah Lee Myung Bak dan Perdana Menterinya adalah Chung Un-Chan. Sejarah negara ini nanti saya gabungkan dengan sejarah Korut jadi kalau Korea Utara gak ada sejarah sebelum Perang Korea gak apa-apa ya. Sejarah Korea dimulai ketika terbentuknya Dinasti Joseon yang berhasil menaklukan seluruh wilayah Korea dan Manchuria(maksudnya wilayah Cina utara) dan membuat hubungan Kerajaan Korea dan China memburuk. Hubungan ini membaik saat Dinasti Silla. Nah pas jamannya Dinasti Silla ada dinasti lain penguasa Korea yaitu Dinasti Goguryeo dan Dinasti Baekje. Pas jaman 3 dinasti ini disebut sebagai Zaman Tiga Kerajaan atau zaman trio kerajaan ini memerintah. Nah, Dinasti Silla yang lebih menonjol dari 2 dinasti yang lainnya pun bersatu dengan Dinasti Goguryeo dan membentuk lagi Dinasti Silla Bersatu pada tahun 676(Wah, udah lama banget ya).Para pelarian dari Goguryeo ini membentuk Kerajaan Balhae. Saat diperintah Silla BErsatu, pendidikan di Korea maju banget! Tetapi pada 935, Dinasti Silla Bersatu pun hancur lebur akibat ditaklukan Dinasti Goryeo. Dinasti Goryeo pun sangat berkuasa dengan berhasil menaklukan hamper seluruh wilayah Semenanjung Korea! Bahkan saat Dinasti Goryeo, pendidikan agama Buddha makin berkembang pesat! Riwayat kerajaan ini cukup tua. Kerajaan ini baru hancur lebur ketika ditaklukkan Dinasri Joseon yang bangkit kembali pada tahun 1392. Tetapi pada 1620-an, Dinasti Joseon berhasil dihancurleburkan oleh Dinasti Qing dari China. Pada 1870-an, Jepang mulai minat ngejajah Korea. Dan akhirnya, Maharani Myeongseong, istri Kaisar Gojong, Raja Dinasti Joseon dibunuh oleh mata-mata Jepang karena dianggap Jepang sebagai penghalang penjajahan. Akhirnya, pada tahun 1910, Jepang berhasil menjajah Korea(Untuk melihat detil penjajahan ini lihat blog Perang-Perang Yang Ada Di Dunia). Tetapi, pada 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu akibat kalah perang. Sekutu, saat itu dipimpin oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet pun merencanakan Korea dibagi 2, Korea komunis dan Korea kapitalis. Akhirnya, ditandatanganilah perjanjian yang menyatakan pembagian Korea dengan negara Korea Utara yang komunis dan Korea Selatan yang liberal dengan batas Garis Lintang Bumi 38®. Hingga akhirnya terjadilah Perang Korea.

Korea Selatan adalah negara yang menganut sistem presidensil(kayak di Indonesia) dengan sistem anti dictator. Ekonomi Korea Selatan adalah salah satu negara industri termaju di Asia hingga dijuluki Macan Asia bersama Hongkong, Taiwan, dan Singapura. Negara ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Tetapi, 46.5 % atau mayoritas penduduk Korea Selatan tak punya agama alias atheis! Sedangkan agama mayoritas di Korea Selatan adalah Buddha, Protestan, dan Katolik. Tetapi, hubungan Korea Selatan dan Utara kembali panas karena Korea Selatan mulai menyatakan propaganda anti-Korut akibat Korea Utara diduga menembakkan torpedo ke salah satu kapal Korea Selatan dan menewaskan seluruh pelaut di kapal itu. Padahal, sebelum tahun 2004, Korea Selatan dan Utara tim olahraganya satu dengan nama Tim Reunifikasi Korea! Gagal deh rencana reunifikasi Korea. Itulah cerita dari negara Korsel sampai ketemu di posting berikutnya ya.

No comments:

Post a Comment