Sunday, June 20, 2010

Arab Saudi

Hai, kawan-kawan nah untuk menghormati agama Islam sebagai agama mayoritas di negeri ini, maka saya akan membahas negara tempat tujuan tempat orang berhaji yaitu Arab Saudi. Negara ini beribukota di Riyadh. Tetapi kota yang terkenal dari negara ini adalah Mekah dan Madinah. Negara ini menganut sistem pemerintahan Monarki Mutlak atau kerajaan yang kepala negara & pemerintahannya adalah raja. Beda dengan mayoritas negara kerajaan yang menganut sistem Monarki Konstitusional yang raja hanya sebagai kepala negara ata symbol negara sedangkan yang memerintah dan mengatur negara adalah Perdana Menteri. Raja Arab Saudi yang sekarang adalah Abdullah bin Abdul Aziz Al-Saud(bukan Aziz gagap ya hehehe) sedangkan pangeran mahkotanya adalah Sultan bin Abdul Aziz Al-Saud. Negara ini keadaan negaranya dipenuhi gurun. Ya iyalah kan Arab Saudi sebagian masuk Gurun Sahara yang merupakan gurun terluas di dunia. Mata uang negara ini adalah Riyal Arab Saudi. Nah, rata-rata penghasilan negara ini adalah US$ 15.338 yang berarti Arab Saudi adalah salah satu negara termakmur di dunia.

Negara ini terbagi menjadi 2 wilayah alam. Wilayah Hijaz yang meliputi kota Mekah, Madinah, dan Jeddah dan wilayah Najd yang meliputi wilayah Arab Saudi timur yang dihuni suku Badui(bukan Badui di Banten, tapi suku Badawi) dan suku-suku Arab lainnya. Sejarah negara ini dimulai ketika Muhammad bin Sa'ud dan Muhammad bin Abdul Wahab ingin mendirikan negara sendiri yang bertujuan untuk 'memurnikan' agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Cita-cita itu terhalang beratus-ratus tahun karena negara asing mulai menjajah wilayah Arab. Nah, pada 1918, Lawrence of Arabia, seorang tokoh Inggris di Arab Saudi berhasil mengangkat Raja Suud dari suku Badui yang tidak bisa baca huruf latin maupun Qur'an! Karena raja ini gak bisa baca, maka Inggris pun mulai menguasai Arab Saudi. Nah cita-cita tahun 1750 itu berhasil diwujudkan oleh Abdul Aziz bin Su'ud yang berhasil menyatukan wilayah Hijaz yang dikuasai Syarif Husain. Nah, terbentuklah negara Arab Saudi pada 23 September 1932. Nama Saudi ini berasal dari nama raja pertama negara ini, Abdul Aziz As-Sa'udi. Abdul Aziz bin Su'ud pun mendirikan Islam yang katanya mewujudkan cita-cita Muhammad bin Sa'ud & Muhammad bin Abdul Wahab, Islam Mahzab Wahabi. Islam Wahabi pun menjadi agama resmi di Arab Saudi hingga sekarang. Tapi, walaupun negara ini mayoritas penduduknya adalah Islam, kebijakan pemerintahan Arab Saudi ini sangat pro-Amerika Serikat dan Inggris. Di Indonesia, Mahzab Wahabi ini cukup populer walaupun Indonesia banyak dipengaruhi Mazhab Syafi'i. Mahzab ini pun banyak mempengaruhi trend pakaian pahlawan Indonesia seperti Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, dll.

Mayoritas penduduk di Arab Saudi beragama Islam. Negara ini dalam perekonomian mengandalkan minyak bumi dan pertanian yang banyak dilakukan di wilayah Hijaz. Gurun terkenal dari negara ini adalah Rub Al Khalil yang mempunyai sangat sedikit penduduk. Kota-kota di wilayah ini pun tumbuh pesat sesuai kemajuan ekonomi di negara ini. Negara ini sulit dalam hal air bersih karena di negara ini banyak gurun. Negara ini hanya mengandalkan air dari oase/oasis. Tapi, dengan ditemukannya proses desalinasi air, negara ini mulai banyak air bersihnya. Nah itulah cerita dari negara Arab Saudi. Sampai ketemu ddi posting berikutnya ya.

No comments:

Post a Comment