Tuesday, December 28, 2010

Malaysia

Hai, kawan-kawan nah sekarang kita kan membahas salah satu negara tetangga kita yaitu Malaysia. Walaupun di facebook banyak yang nulis yang ancur-ancur tentang Malaysia, ya saya akhirnya menulis tentang negara ini juga. Malaysia adalah salah satu negara yang paling serumpun dengan negara kita. Bahasanya juga sama hanya tata bahasa dan logatnya aja yang beda. Bahkan orang-orangnya juga mirip! Makanya kita dan Malaysia disebut 2 Negri Serumpun. Meskipun serumpun, ada juga masalah tentang hubungan negara Indonesia dan Malaysia. Masalah ini tak akan saya bahas disini. Saya hanya membahas tentang kondisi dan sejarah Malaysia.

Malaysia adalah sebuah negara yang bertetangga dengan kita. Bahkan Malaysia adalah salah satu dari 3 negara yang berbatasan darat dengan Indonesia. Hari kemerdekaan Malaysia adalah 31 Agustus 1957 sedangkan tanggal terbentuknya Federasi dengan Malaysia Timur dan Singapura adalah 16 September 1963. Lebih tua Indonesia ya. Malaysia adalah sebuah negara berbentuk monarkhi konstitusional. Monarkhi konstitusional itu artinya raja menjadi kepala pemerintahan sedangkan yang menjadi kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Yang Dipertuan Agong(Raja) Malaysia sekarang adalah Tuanku Mizan Zainal Abidin sedangkan Perdana Menteri Malaysia adalah Najib Tun Razak. PDB per kapita atau rata-rata penghasialn penduduk Malaysia adalah US$ 14.071. Lebih besar ya dari rata-rata Indonesia.

Malaysia dahulu adalah jajahan Inggris. Sebenarnya kata Malaysia itu digunakan untuk menyebutkan kepulauan Asia Tenggara. Bahkan Filipina hendak menggunakan kata 'Malaysia' untuk nama negaranya tetapi keduluan deh sama Malaysia. Sama di Indonesia, Malaysia juga dahuluu terdiri dari banyak kesultanan, seperti Kesultanan Melaka. Tetapi, saat Inggris datang pada 1786, Inggris sudah mulai ingin menguasai Nusantara. Akhirnya pada 1824, ditandatanganilah Perjanjian Britania-Belanda 1824 yang berisi pembagian kekuasaan Nusantara. Belanda menguasai Indonesia dan Inggris menguasai Semenanjung Malaya, Kalimantan Utara, dan Singapura. Pada 31 Agustus 1957, Semenanjung Malaya merdeka dari Inggris sedangkan Singapura masih dijajah Inggris. Akhirnya, pada 16 September 1963, Semenanjung Malaya, Kalimantan Utara, dan Singapura membentuk Federasi Malaysia. Tapi, Brunei gak mau bersatu dengan Malaysia karena sebagian penduduknya tidak mau bersatu dengan Malaysia. Brunei kemudian membentuk Kesultanan Brunei Darussalam. Dan pada 9 Agustus 1965, Singapura lepas dari Malaysia dan membentuk Republik Singapura. Federasi Malaysia ini kemudian ditentang oleh Filipina karena wilayah Sabah di Kalimantan Utara dianggap wilayah Filipina. Federasi Malaysia juga ternyata ditentang oleh Indonesia! Bahkan Indonesia melakukan perang fisik yang disebut Konfrontasi Indonesia-Malaysia! Konfrontasi ini dimulai pada tahun 1962. Tapi, konfrontasi ini berakhir pada 1966. Malah pada zaman Soeharto, Mahathir Mohammad, PM Malaysia bersahabat dengan Soeharto dan Lee Kuan Yew, PM Singapura dan menjadi trio kekuatan ekonomi Asia Tenggara, Indonesia-Malaysia-Singapura.

Setelah Soeharto jatuh, hubungan Indonesia-Malaysia semakin merenggang saat kejadian Sipadan-Ligitan, Ambalat, dan masih banyak kasus lainnya. Walaupun begitu, Malaysia sekarang adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang ekonominya cukup maju, bahkan lebih maju dari Indonesia! Malaysia bahkan bisa membuat Menara Petronas, salah satu gedung tertinggi di dunia. Itulah kisah tentang Malaysia, sampai ketemu di posting berikutnyaa.

No comments:

Post a Comment