Monday, December 27, 2010

Indonesia

Hai, kawan-kawan nah sekarang kita akan membahas negara tempat tinggal kita yaitu Indonesia. Indonesia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Kalian sudah tahu kan tanggal kemerdekaannya, yap 17 Agustus 1945. Negara Indonesia berbentuk republik presidensial. Maksudnya bukan presidennya selalu sial, tapi republik yang presidennya menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. PDB per kapita atau rata-rata pendapatan penduduk Indonesia adalah US$ 3.979. Cukup besar juga ya. Jumlah penduduk Indonesia menurut sensus 2010 adalah 237.556.363 orang! Wah, padat sekali ya. Jumlah propinsi di Indonesia pasti kalian sudah tahu kan, yap 33 propinsi sedangkan jumlah kabupaten ada 399 dan kota ada 98 dan kemungkinan terus bertambah.

Kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Indus yang berarti Hindia dan nesos yang artinya pulau. Orang yang pertama kali mempopulerkan kata ini adalah Adolf Bastian dari Jerman dan orang Indonesia yang pertama menggunakannya adalah Suwardi Suryanigrat atau yang sering kita sebut Ki Hajar Dewantara. Kepulauan Indonesia sudah beken dan populer sejak jaman dahulu kala. Yap, Indonesia dahulu adalah sentra perdagangan laut dari India dan China. Dan katanya, agama Hindu, Buddha, dan Islam dibawa oleh pedagang-pedagang ini. Karena Indonesia terkenal dengan kemakmurannya apalagi dengan kepulauan rempah-rempahnya yang saat ini kita kenal dengan Kepulauan Maluku, para penjajah Eropa mulai ngiler untuk menjajah Indonesia. Mulailah para penjajah itu datang seperti Inggris, Belanda, Spanyol, dan Portugis pun datang dan mulai merebutkan wilayah Indonesia. Pemenangnya adalah Belanda yang menjajah negara kita selama 3,5 abad! Sedangkan Spanyol tersingkir ke Filipina, Inggris sempat menguasai Indonesia kemudian tersingkir ke Malaysia dan Singapura, dan Portugis tersingkir ke Timor Leste. Agama Kristen di Indonesia pun tersebar oleh para penjajah ini. Penjajahan Belanda ini kemudian mengakhiri zaman kerajaan di Indonesia yang terjadi sejak abad ke-4 M. Para penjajah Belanda inipun mulai melaksanakan kebijakan-kebijakan kolonialnya termasuk salah satu kebijakan terkejamnya adalah Cultuurstelsel yaitu kebijakan yang mengharuskan rakyat Indonesia menanam tanaman komoditi yang menguntungkan dan tidak dibolehkan menanam tanaman pangan! Kejam banget ya. Bahkan orang Belanda sendiri pun mengecamnya! Tapi, kebijakan ini kemudian dihapus pada 1901. Saat politik etis diterapkan Belanda pada 1901, para penduduk asli Indonesia mulai belajar ke luar negeri dan mulai memahami pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dimulailah zaman pergerakan kemerdekaan Indonesia. Saat Perang Dunia II, Belanda menyerah dan Indonesia mulai dijajah oleh Jepang selama 3,5 tahun dari 1942-1945. Pada 15 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar menyerahnya Jepang dari radio dan mendesak Ir.Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan. Akhirnya pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajah. Pasukan Belanda yang dibantu Sekutu berusaha kembali menjajah Indonesia dan terjadilah Perang Kemerdekaan Indonesia yang berlangsung dari 1945-1949. Akhirnya pada 27 Desember 1949, Belanda mengakui kedaulatan Indonesia(kedaulatan untuk Papua diserahkan tahun 1960-an).

Setelah merdeka, Indonesia pun menjelma dari negara jajahan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia. Walaupun belum disebut negara maju, negara Indonesia pun berusaha agar dipandang sebagai negara maju dan bukan negara lemah dan hancur.

Itulah cerita dari Indonesia, sampai ketemu di posting berikutnya,

No comments:

Post a Comment