Sunday, December 19, 2010

Amerika Serikat

Hai, kawan-kawan, nah sekarang kita akan membahas tentang sebuah negara adidaya yang paling kita kenal, yaitu Amerika Serikat. Hayoo, pasti kalian semua tahu kan tentang negara ini, yap, mulai dari musiknya, presidennya, filmnya, politiknya, nyaris semua hal kita tahu dari Amerika Serikat.

Amerika Serikat adalah sebuah negara berbentuk federal yang terdiri dari 50 negara bagian. Sebenarnya secara lengkap, Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian, 1 distrik federal(Washington D.C), 5 daerah insuler, dan beberapa pulau terdepan. Ribet juga ya, sistem hierarki Amerika Serikat yang sangat beda dengan Indonesia. Amerika Serikat merdeka pada tanggal 4 Juli 1776 dari jajahan Inggris. Berarti Amerika udah 334 tahun! PDB per kapita atau rata-rata penghasilan penduduk Amerika Serikat adalah US$ 47.440! Waw, gede banget ya. Makanya, Amerika Serikat disebut sebagai negara maju dan adidaya di dunia ini. 48 negara bagian di Amerika Serikat berada di dalam wilayah Amerika Utara, sedangkan 2 negara bagian lainnya nyempil di luar Amerika Utara. Alaska berada di ujung utara benua Amerika atau mendekati kutub utara sedangkan Hawaii nyempil sangat jauh, yap Hawaii berada di tengah Samudera Pasifik. Amerika Serikat jelas dipimpin oleh seorang presiden. Presidennya kan pernah tinggal di Indonesia, tau kaan. Yap, presiden Amerika Serikat adalah Barack Obama yang merupakan presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat

Dulunya, Amerika Serikat dihuni oleh sebuah suku yang disebut suku Indian. Suku Indian ini sudah tinggal di Amerika Serikat selama beribu-ribu tahun! Tetapi, suku Indian terdesak keberadaannya oleh pendatang-pendatang Eropa, terutama yang berasal dari Inggris. Makanya, Amerika Serikat menjadi jajahan Inggris berabad-abad lamanya. Tetapi, Amerika Serikat yang jajahan Inggris tidak seluas Amerika Serikat sekarang. Hanya 13 negara bagian paling timur yang menjadi jajahan Inggris. Tetapi, warga koloni Inggris ini mulai memberontak, dan pada 4 Juli 1776, Amerika Serikat memproklamasikan kemerdekaannya. Jumlah negara bagiannya masih 13 saja dengan George Washington sebagai presiden yang pertama. Amerika Serikat mulai meluas dengan bertambahnya negara bagian bekas jajahan Prancis, Spanyol dan wilayah jajahan Inggris di Amerika Barat, Amerika Serikat menjadi sangat luas dari 13 negara bagian menjadi 50 negara bagian. Pada abad ke-19, kekisruhan tentang masalah perbudakan membuat Amerika Serikat terbelah menjadi 2 negara, Union di wilayah utara(kecuali California) yang menentang perbudakan dan Confederation di wilayah selatan yang mendukung perbudakan. Terjadilah Perang Saudara Amerika yang berakhir dengan kekalahan Confederation yang membuat Union & Confederation kembali bersatu sebagai Amerika Serikat.

Setelah terjadinya Perang Saudara Amerika, Amerika Serikat mulai membenahi diri lagi. Dan pada abad ke-20, Amerika Serikat menjadi salah satu negara adidaya terkuat. Yang bisa menandinginya saat itu hanya Uni Soviet(sekarang udah bubar) yang berhaluan komunisme. Terjadilah Perang Dingin(Cold War) yang sangat lama dari tahun 1945-1991. Perang Dingin berakhir pada tahun 1991 saat Uni Soviet bubar. Dan saingan Amerika Serikat pun menjadi lebih banyak dengan munculnya kekuatan ekonomi baru seperti Republik Rakyat Cina, Jepang, Korea Selatan, India, dan masih banyak lagi.

Itulah sekian dari keadaan Amerika Serikat, sampai ketemu ya di posting berikutnya.

1 comment: